Ketahui, Faktor-faktor Penyebab Klaim Allianz Ditolak Berikut Ini!

Banyak orang yang merasa kesulitan dalam mengajukan klaim Allianz, padahal sebenarnya jika mengikuti panduan yang diberikan proses pengajuan klaim sangat mudah. Apalagi belakangan ini Allianz juga mengeluarkan inovasi terbarunya yaitu klaim berbasis online. Tentunya tidak banyak perusahaan asuransi lain yang menawarkan fasilitas semacam ini bukan, namun Allianz ini sudah mengeluarkan inovasi yang mempermudah nasabah mereka untuk mengajukan klaim, karena bisa online.

Pengajuan klaim secara online ini bisa untuk beberapa jenis asuransi saja, seperti diantaranya adalah produk asuransi kesehatan. Hanya saja meskipun demikian tetap ada aturan-aturan yang berlaku terkait dengan klaim dari Allianz ini. Sehingga Anda juga tidak boleh asal dalam mengajukan klaim, bisa jadi nantinya justru pengajuan Anda justru ditolak. Lalu sebenarnya hal apa saja yang bisa menjadi penyebab klaim Allianz ini ditolak? berikut yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Polis tidak aktif, banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya polis asuransi mereka sedang dalam masa tidak aktif atau lapse. Ketika polis Anda lapse maka otomatis perusahaan juga tidak akan approve permintaan klaim Anda, penyebabnya sendiri sangat beragam, diantaranya adalah pembayaran premi yang sudah melebihi masa jatuh tempo karena memang telah melewati masa tenggang, sedangkan pada produk asuransi jenis unit link hal ini bisa terjadi karena nilai tunai asuransi tidak mencukupi untuk membayar biaya asuransi tersebut, disebabkan oleh investasi yang dijalankan tersebut mengalami kerugian.
  2. Klaim yang dimaksud tidak tercakup dalam klausal, tidak semua hal dilindungi oleh asuransi, hal ini dapat dilihat dari isi polis tersebut. Jadi jika seandainya apa yang Anda klaim tidak termasuk dalam perlindungannya, secara otomatis permintaan klaim tersebut juga akan ditolak. itulah mengapa pastikan membaca isi polis terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan klaim asuransi.
  3. Pengajuan klaim melebihi jangka waktu yang ditentukan, ada beberapa jenis asuransi yang memang diberikan jangka waktu klaim, sebut saja diantaranya adalah asuransi kendaraan. Sehingga ketika pengajuan klaim Anda melebihi batas waktu yang telah ditentukan tersebut, maka otomatis nantinya klaim juga akan ditolak. Akan lebih baik sesegera mungkin mengurus klaim, sehingga tidak sampai melebihi jangka waktunya.
  4. Dokumen tidak lengkap, masalah yang paling umum terjadi adalah ketika dokumen yang digunakan untuk mengajukan klaim tidak lengkap, perusahaan asuransi sendiri pada dasarnya akan memberikan sejumlah syarat dokumen yang harus dilampirkan, ketika ada satu saja syarat yang tidak dilengkapi, maka nantinya klaim tersebut otomatis juga akan ditolak, Anda akan diminta untuk melengkapi sejumlah persyaratan yang belum ada.
  5. Klaim yang diajukan termasuk dalam poin pengecualian, di dalam asuransi selain apa yang masuk perlindungan, maka ada juga beberapa hal yang termasuk pengecualian dalam perlindungan tersebut. Anda dapat mengeceknya di dalam polis asuransi, karena ketika apa yang diklaim termasuk dalam poin pengecualian, maka otomatis akan ditolak.
  6. Melakukan kejahatan asuransi, contohnya adalah kecelakaan yang disebabkan oleh mabuk, mengemudi dengan kecepatan tinggi dan sebagainya, pihak asuransi juga tidak akan bertanggung jawab atas hal ini.

Selain 6 hal di atas sebenarnya masih ada beberapa hal lainnya yang bisa menjadi penyebab klaim Allianz Anda nantinya akan ditolak oleh perusahaan tersebut. Untuk informasi yang lebih lengkapnya, maka Anda bisa langsung cek di website resmi Allianz, termasuk pilihan produk asuransi mereka serta premi yang ditawarkan.