14 Pilihan Bookkeeping Software Terbaik untuk Bisnis

Bagi sebagian pebisnis dan personal, aktivitas akuntansi menjadi sebuah hal yang cukup penting. Umumnya mereka para pelaku bisnis atau yang biasa mengatur keuangan dengan lebih baik yang membutuhkan hal ini untuk membantu memudahkan pekerjaannya.

Terlebih di zaman milenial sekarang ini, aplikasi seperti aplikasi akuntansi sangatlah dibutuhkan untuk memudahkan pelaku bisnis membuat laporan keuangan lebih mudah. Karena banyaknya minat akan kebutuhan tersebut, maka saat ini banyak muncul aplikasi akuntansi yang bisa digunakan dengan mudah.

Jika Anda adalah pelaku bisnis atau ingin mengatur keuangan menjadi lebih baik lagi, maka bisa menggunakan beberapa Bookkeeping Software untuk bisnis yang dapat menunjang laporan keuangan di bawah ini. Lebih jelasnya simak bahasan 14 rekomendasi bookkeeping software terbaik dan terpopuler berikut.

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Terbaik dan Terpopuler

Apa saja Bookkeeping Software untuk bisnis terbaik saat ini, maka Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dari spesifikasi yang sudah ada di bawah ini.

1. Jurnal

Jurnal merupakan salah satu aplikasi akuntansi yang berbasis cloud dan program ini cocok untuk kebutuhan bisnis mulai dari yang berskala kecil sampai menengah atau untuk sektor UMKM. Aplikasi ini mudah digunakan, sehingga kegiatan akuntansi yang dilakukan lebih akurat dan tepat.

Dilansir dari sumber : akuntansi online jurnal, Jurnal memiliki fitur terlengkap dalam pencatatan keuangan, pembuatan faktur, pencatatan biaya, pemasukan, pengeluaran, persediaan, manajemen asset dan sebagainnya. Kelebihan jurnal yaitu bisa diakses dari mana saja dan kapan saja tanpa takut kesulitan menggunakannya.

Aplikasi akuntansi jurnal ini bisa digunakan fase gratis pertama selama 14 hari. Dan selebihnya Anda bisa berlanggan untuk menggunakan Bookkeeping Software untuk bisnis ini.

2. Fresh Books Cloud Accounting

Ada banyak pilihan fitur yang disediakan dalam aplikasi Fresh Books Cloud Accounting yang berkaitan dengan aplikasi akuntansi. Beberapa fitur ini antara lain bisa melacak pengeluaran yang telah dilakukan, mengatur invoice, membuat struk melalui koneksi internet, melakukan backup data dengan cloud computing, dan lainnya. Menariknya lagi aplikasi ini bisa digunakan secara offline.

3. Book Keeper Accounting

Aplikasi akuntansi berikutnya yaitu Book Keeper Accounting. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan kegiatan akuntansi secara mudah, di antaranya bisa melakukan pembukuan, mengelola struk pembayaran, membuat laporan penjualan, dan mengatur buku mengenai inventaris individu.

Sehingga hal ini memudahkan dalam mengatur keuangan di semua bisnis yang dikelola. Harga yang ditawarkan aplikasi ini juga cukup terjangkau.

4. Xero Accounting

Xero Accounting Software adalah salah satu Bookkeeping Software untuk bisnis yang terbaik berikutnya. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat invoice, struk belanja, atau dokumen keuangan lainnya. Menariknya Aplikasi ini mudah untuk terkoneksi dengan sistem pembayaran online, customer relationship management, dan juga penghitungan gaji pegawai.

5. Monefy

Monefy salah satu aplikasi akuntansi yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini karena produk buatan imbit dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan Anda. Anda Dapat membuat akun yang berbeda di kategori seperti uang tunai, rekening bank, atau akun sendiri.

Monefy juga memiliki dua versi yang bisa di gunakan yaitu versi berbayar dan gratis. Untuk fitur yang lebih lengkap Anda bisa memilih versi yang berbayar.

6. Zoho Books

Aplikasi akuntansi berikutnya yang tidak kalah dengan aplikasi lain adalah Zoho Books. Dengan desain yang sederhana membuat aplikasi ini mudah untuk digunakan pemula. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengatur pengeluaran, pendapatan, tagihan, dan melakukan perhitungan waktu.

Memiliki tampilan interface yang cukup rapi dan sederhana, sehingga tidak salah jika Zoho Books menjadi aplikasi akuntansi yang direkomendasikan.

7. Money Manager Expense and Budgeting

Dengan interface dan fungsi dari aplikasi Money Manager Expense and Budgeting terbilang cocok buat yang suka melakukan pencatatan aktivitas keuangan sehari-hari. Untuk versi gratisnya, bisa membagi transaksi dalam tiga akun yakni rekening, tunai, dan kartu pembayaran.

Di setiap transaksi pada akun tersebut akan dilakukan pendataan utang dan harta oleh aplikasi Money Manage. Untuk menambahkan jumlah akun dan agar terhindar dari ads, maka bisa mencoba Money Manager versi yang berbayar.

8. Money Wiz

Apabila Anda menginginkan aplikasi pengatur keuangan dengan fungsi yang details, maka Money Wiz menjadi pilihan yang tepat. Dimana Anda, dapat melakukan pengelompokan transaksi ke dalam beberapa kategori secara mudah.

Contohnya saat naik angkutan umum untuk membeli lemari es, dapat melakukan pencatatan transaksi tersebut sekaligus dalam kategori barang dan biaya transportasi bersamaan. Money Wiz juga memiliki dua versi seperti versi gratis dan berbayar. Untuk fitur yang lebih lengkap bisa memilih versi berbayar.

9. Expense Manager

Expense Manager sebagai aplikasi akuntansi yang bisa menampilkan pengeluaran dan pemasukan keuangan per hari, minggu, tahun, dan kategori. Dengan aplikasi ini dapat mempermudah pengelompokan karena Expense Manager memiliki pengaturan dinamis.

Fitur lain yang ada di aplikasi ini cukup beragam seperti transfer akun, alat perhitungan, laporan diagram, penyimpan bukti pembayaran, notifikasi pembayaran, dan berbagai fitur menarik lainnya.

10. Financial Calculators

Aplikasi akuntansi lainnya yaitu ada Financials Calculator yang dapat digunakan untuk menghitung berbagai hal terkait dengan keuangan. Anda bisa melakukan perhitungan pinjaman, kartu kredit, konversi mata uang asing, kalkulator obligasi dan saham, juga lainnya dengan mudah.

Menariknya aplikasi Financials Calculator ini juga dapat melakukan perekaman data seperti total, tipe, dan tanggal pembayaran yang akan diinput.

11. Wallet

Wallet sebagai aplikasi akuntansi yang memberikan berbagai macam fitur manajemen keuangan secara umum seperti dalam pencatatan transaksi versi manual. Wallet memiliki dua versi yang bisa digunakan yaitu versi gratis dan berbayar.

Dalam versi berbayarnya, bisa melakukan sinkronisasi data dengan akun internet banking dari berbagai macam bank seperti Mandiri, Danamon, dan BCA. Melalui Salt Edge, agregator data yang berhubungan dengan perbankan dan sertifikasi ISO 27001 yang terhubung lebih dari 3000 lembaga keuangan dari lebih 60 negara di dunia.

12. Accurate Lite

Accurate Lite menjadi salah satu aplikasi akuntansi yang dapat membantu dalam mengelola laporan keuangan dan pembukuan untuk UMKM. Karena aplikasi ini dapat digunakan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja dengan mudah.

Dimana data dan laporan keuangan dari Accurate Lite dinilai akurat dan berkualitas sehingga bisa dapat diketahui data keuntungan dan kerugian usaha secara tepat.

13. Zipbook

Salah satu aplikasi akuntansi gratis dan cocok untuk UKM yai Zipbook. Aplikasi ini diberikan secara gratis dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Zipbook juga menjadi pilihan untuk para freelance atau pekerja lepas dalam mengatur keuangan mereka.

Aplikasi Zipbook juga memberikan layanan live chat yang selalu aktif saat jam kerja. Karena Zipbook belum ada di Indonesia, maka Anda harus menyesuaikan jam kerja dengan jam kerja di luar negeri untuk bisa menggunakannya.

14. Slackpie

Slackpie menjadi salah satu aplikasi akuntansi yang menawarkan tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti oleh pemula. Buat yang belum memiliki banyak pengalaman dalam bidang software akuntansi, maka dapat mencoba pilihan pada Slickpie. Dan Slackpie juga bisa diakses gratis, namun untuk saat ini Slackpie belum ada pilihan untuk bahasa Indonesia.

Nah, itulah bahasan dan penjelasan mengenai 14 rekomendasi Bookkeeping Software untuk bisnis terbaik dan terpopuler, semoga bermanfaat. Selain Jurnal by Mekari, mana menurutmu yang baik?