5 Alasan Kenapa Orang Tertarik Ikut BPJS Untuk Jaminan Kesehatan

Satu diantara beberapa upaya yang dijalankan oleh pemerintah dalam memberikan sebuah jaminan dalam bentuk kesehatan pada masyarakat secara luas adalah berupa program BPJS kesehatan. Bisa dibilang ini merupakan bentuk perubahan dari layanan serupa yang ada sebelumnya. Tidak lain layanan tersebut dulunya sering disebut dengan Askes.

Asuransi dalam bidang kesehatan tergolong cukup penting dilakukan di samping adanya asuransi mobil 2021 untuk jaminan kendaraan tersebut. Bentuk asuransi untuk jaminan kesehatan ini merupakan sebuah lembaga yang dinaungi oleh pemerintah dan bertugas untuk memberikan perlindungan di bidang kesehatan kepada masyarakat. Berikut informasi tentang alasan dari sejumlah orang mengikuti asuransi kesehatan:

1. Penyakit Yang Menyerang Tidak Melihat Usia 

Alasan pertama yang biasanya dipakai oleh sebagian orang ketika memutuskan untuk menjadi anggota BPJS adalah keberadaan penyakit yang tidak dapat diprediksi kapan akan hadir. Pasalnya usia yang masih muda dan produktif bukan berarti orang tersebut akan kebal terhadap terserang suatu penyakit.

Meskipun bukan tergolong penyakit bawaan yang diderita dalam waktu lama. Terkadang kebutuhan kesehatan juga datang secara tiba-tiba seperti mengalami kecelakaan dan lainnya. Menurut pencatatan yang ada menyebutkan bahwa pihak asuransi kesehatan ini memberikan jaminan setidaknya pada 115 jenis penyakit.

2. Ikut Mendukung Program Pemerintah 

Alasan lainnya untuk ikut menjadi peserta asuransi kesehatan adalah sebagai bentuk dukungan terhadap program kesehatan yang telah digagas oleh pemerintah. Dimana salah satu tujuannya adalah memberikan jaminan terhadap bidang kesehatan bagi seluruh warga masyarakat Indonesia.

Tentunya dengan keberadaan asuransi semacam ini bisa menunjukkan upaya pemerintah dalam membuat Indonesia menjadi sehat. Dengan mengikuti program ini tentunya peserta telah memberikan dukungannya terhadap program tersebut.

3. Manfaat Yang Diperoleh Lebih Besar Dibanding Iuran Yang Dibayarkan 

Sebagian orang yang masih dalam kondisi sehat akan mungkin ada yang beranggapan bahwa layanan tersebut tidak dibutuhkan. Hingga berujung pada pendapat yang mengatakan bahwa keikutsertaan dalam asuransi semacam ini belum terlalu diperlukan. Apalagi di sini peserta diharuskan untuk melakukan pembayaran sejumlah dana per bulannya.

Padahal manfaat yang akan diperoleh oleh peserta jika sewaktu-waktu terkena penyakit yang diharuskan mendapatkan penanganan serius, ini cukup membantu. Bahkan sejumlah hal ditanggung oleh pihak asuransi ini. Diantaranya seperti biaya administrasi, kemudian untuk kebutuhan rawat jalan, serta rawat inap dan yang lainnya.

4. Sebagai Bentuk Bantuan Bagi Yang Membutuhkan 

Tidak hanya jaminan akan kendaraan seperti asuransi mobil 2021 saja yang dibutuhkan. Pasalnya jaminan kesehatan juga tidak kalah penting untuk meminimalisir resiko yang dialami. Mengingat asuransi dalam bidang kesehatan ini manfaatnya tidak hanya bisa dirasakan secara mandiri saja.

Melainkan seluruh warga masyarakat Indonesia juga bisa merasakan manfaatnya. Salah satunya terjadi pada masyarakat yang tergolong kurang mampu dan diketahui sebagai penerima bantuan iuran. Dimana iuran tersebut dibayarkan oleh pihak pemerintah hingga orang tersebut bisa memperoleh manfaat sesuai dengan kelasnya.

5. Merupakan Jaminan Seumur Hidup 

Bentuk alasan lainnya untuk ikut dalam asuransi kesehatan adalah penawaran akan jaminan terkait kesehatan yang durasinya seumur hidup. Hal ini berlaku bagi semua anggota peserta dari asuransi kesehatan. Tentunya dengan Persyaratan jika para peserta memenuhi kewajiban dengan baik. Dimana kewajiban tersebut berupa pembayaran dana sebagai premi secara tepat waktu serta mematuhi aturan berobat yang ada.

Itulah pembahasan mengenai 5 alasan peserta tertarik untuk bergabung menjadi peserta BPJS kesehatan yang digagas pemerintah. Selain bentuk dukungan terhadap program dari pihak pemerintah dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sehat. Beberapa alasan lain seperti jaminan kesehatan seumur hidup menjadi pertimbangan tersendiri. Asalnya peserta tersebut telah menjalankan kewajibannya dalam melakukan pembayaran premi.